Created with to build something
Version: 5.0.5
cover-tips-aman-melakukan-cicilan-tanpa-kartu-kredit

FreeTalk

Tips Aman Melakukan Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Cicilan tanpa kartu kredit merupakan hal yang sangat beresiko jika tidak digunakan dengan benar, berikut tips aman melakukan cicilan tanpa kartukredit

Feb 11, 2020

Tidak dipungikiri memang pengembangan aplikasi fintech atau pinjaman online atau biasa disingkat sebagai aplikasi pinjol sangat berkembang dengan sangat - sangat pesat, hal tersebut bisa di lihat beberapa informasi yang beredar di media yang ada di Indonesia mengenai ramainya bank - bank skala menengah hingga kecil mulai bergelut dalam bisnis pinjaman online. Tidak hanya dari media tersebut, saya pun sudah pernah ditawari dari salah satu bank yang tidak terlalu besar untuk membuka atau memasang aplikasi pinjaman online yang mereka miliki. pada pandangan sempit saya, saya beranggapan bahwa itu adalah sebuah kemunduran mengingat mereka sendiri sudah memiliki produk kartu kredit namun kenapa tidak dibuat dalam bentuk digitalnya saja atau fitur dari sebuah kartu kredit diperluas lagi fitur - fiturnya. Meskipun begitu perbedaan penggunaan kartu kredit dan aplikasi fintech juga sangat terlihat pada sisi sasaran pasar yang dituju, sehingga sampai saat ini produk kartu kredit yang telah diberikan bank tidak merasa terganggu dengan kehadiran aplikasi fintech (kontan: Meski fintech bertebaran, transaksi kartu kredit perbankan masih menggigit)

Ada Apa Dengan Aplikasi Fintech

Aplikasi fintech sejatinya merupakan sebuah jasa yang diberikan perusahaan untuk memberikan pinjaman kepada pelanggan atau nasabahnya, selain itu aplikasi fintech juga sasaran pasarnya jelas berbeda meskipun fungsinya hampir sama dengan kartu kredit. Aplikasi fintech bisa dimiliki oleh siapa saja yang sudah memiliki KTP atau sudah bekerja tanpa memandang berapa banyak gaji yang kamu peroleh, cukup berikan saja datanya dan anda akan dapat menggunakannya dengan batasan pinjaman yang diberikan berdasarkan data yang kamu tadi kirimkan ke aplikasi fintech.

Berbeda dengan kartu kredit, mungkin anda perlu menyisipkan dokumen lainnya seperti surat ijin usaha jika anda memiliki usaha, seberapa besar pengeluaran yang terjadi dalam sebulan, apa keperluan pembuatan kartu kredit dan lain sebagainya yang tidak mungkin anda temukan di aplikasi fintech. Setiap aplikasi fintech yang berada di toko aplikasi smartphone kalian memiliki biaya yang sangat bervariasi, baik itu dalam bentuk bunga, biaya admin dan lain sebagainya. Umumnya kartu kredit memiliki biaya tagihan yang lebih besar dibanding aplikasi fintech, ya meskipun begitu bunga yang biasanya ditawarkan pada aplikasi fintech pada setiap angsurannya juga memiliki besaran yang cukup besar sehingga terkadang nasabah akan kesulitan untuk membayarnya.

Masalah Utama Aplikasi Fintech

Karena ini adalah aplikasi fintech, bukanlah sebuah kantor penyedia pinjaman nasabah jadi seluruh aktifitas akan terjadi secara digital atau dalam kata lain anda hanya bisa ngeluh atau rewel tentang pelayanannya melalui smartphone. Ya karena semuanya masih digital jika anda memiliki sebuah masalah mungkin kenyamanan anda akan terganggu karena ditelepon secara terus - menerus karena belum melunasi utang dalam angsuran ke sekian.

Itu hanyalah masalah jika telat bayar bagaimana dalam hal keresmian aplikasi fintech, semua aplikasi fintech pada umumnya resmi namun terkadang cacat dalam hal perijinan yang sangat beribet. Sebagai contohnya seperti shopintar yang merupakan sebuah aplikasi fintech yang memang resmi dirilis namun tidak memiliki ijin secara langsung dengan OJK.

Ada beberapa tips aman yang bisa kalian lakukan sebelum melakukan cicilan tanpa kartu kredit ini

Cek Izin Aplikasi Fintech

Sebelum anda mendaftar pada aplikasi fintech pastikan aplikasi tersebut sudah terdaftar sebagai penyelengara fintech terdaftar dan memiliki izin pada OJK, pencariannya sangat mudah kamu hanya perlu mengakses situs OJK dan buka halaman publikasi atau jika anda malas coba ketikkan di mesin pencari dengan menggunakan keyword "aplikasi fintech ojk februari 2020" misalnya. Pastikan website yang dibuka memiliki domain ojk.go.id karena domain tersebut resmi dimiliki oleh otoritas jasa keuangan.

contoh daftar penyelenggara fintech

Anda hanya perlu melihat apakah aplikasi anda sudah terdaftar pada file publikasi atau belum, disana sudah tercantum nama aplikasi lengkap nama perusahaan dan nomor izin yang dipegang oleh perusahaan tersebut, sebagai contoh anda bisa melihat tautan berikut untuk melihat daftar penyelenggara fintech terdaftar dan berizin di OJK per tanggal 20 desember 2019. Mungkin setiap tahun ini akan berubah tergantung dari perusahaan tersebut apakah masih bekerjasama dengan OJK atau tidak.

Cek Penilaian Pada Toko Aplikasi

Setelah anda mendapati bahwa aplikasi fintech ini telah memiliki izin atau terdaftar pada OJK, langkah selanjutnya adalah cek penilaian pada toko aplikasi smartphone anda. Tidak semua aplikasi fintech yang berizin atau terdaftar memiliki penilaian yang bagus, bahkan untuk kawasan Indonesia sendiri anda dapat dengan mudah mencari tahu apakah aplikasi ini bagus dimata konsumennya atau tidak. Kenapa bisa begitu ?, karena orang Indonesia sangat senang sekali komplain di penilaian toko aplikasi ketimbang customer service perusahaan tersebut. Memang ini kesannya sangatlah kasasr dan terlalu barbar, tapi tanpa kebiasaan ini kita tidak akan tahu bagus dan jeleknya sebuah aplikasi fintech.

penilaian pada toko aplikasi

Lakukan Simulasi Cicilan Pada Aplikasi Terkait

Pada keadaan ini aplikasi fintech diwajibkan untuk memiliki fitur simulasi cicilan atau mengecek jika saya nyicil seharga ini berapa biaya angsuran yang dibebankan ke saya, jika aplikasi fintech tidak memiliki fitur ini cobalah untuk melakukan proses review payment atau mencoba membeli barang tanpa memprosesnya lebih lanjut. Cara melakukan proses review payment adalah hal yang sangat berbahaya jadi jika cara pertama tidak disediakan anda boleh menghindari menggunakan aplikasi ini dan mencoba untuk menggunakan aplikasi lain.

Cara ini dilakukan untuk melihat apakah aplikasi ini serius dalam mengembangkan sebuah aplikasi fintech yang baik atau tidak, karena jika hal ini tidak tersedia pada aplikasi fintech bisa saya bilang bahwa aplikasi tersebut tidak memberikan informasi yang jelas mengenai bunga yang diberikan pada setiap angsuran.

Meskipun anda belum membeli atau belum melakukan cicilan seharusnya ini diberitahu sebelum cicilan dimulai, pada bank konvesional hal ini adalah hal yang lumrah dan harus dijelaskan kepada nasabahnya untuk mengetahui apakah nasabah tersebut kuat dalam melakukan pembayaran angsuran dengan bunga yang diberikan atau tidak.

Lakukan Pembayaran Dimuka 50% dari harga sebenarnya

Mungkin cara ini akan terlihat sedikit bodoh atau aneh di mata beberapa orang yang melihat atau mendengar hal ini dan biasanya akan merespon seperti "mending gak usah dp, masa nyicil dpnya 50% keatas" atau "mending nabung lagi biar gak nyicil".

Saya sendiri setuju dengan pernyataan - pernyataan berikut, namun jika ini adalah keperluan yang penting dan segera untuk dipenuhi ini adalah hal yang tidak salah. Ini akan meringankan jumlah angsuran yang diterima setiap bulannya dibanding dengan kita nyicil tapi tidak melakukan pembayaran dimuka sama sekali. Terlebih lagi anda pun juga bisa melakukan pinjaman dengan cepat tanpa terbebani angsuran yang terlihat mahal tersebut.

Lakukan Peminjaman Dibawah 3x Gaji Sebulan

Cara yang hampir sama dengan cara sebelumnya adalah lakukan peminjaman atau cicilan yang jumlahnya dibawah 3x gaji sebulan, memang ini adalah salah satu hal yang aneh kembali karena untuk apa melakukan angsuran yang rendah padahal gaji masih banyak sisa.

Rajinlah melakukan pembayaran cepat

Keuntungan aplikasi fintech dibanding menggunakan jasa pinjaman finansial layaknya sebuah cicilan motor atau mobil adalah anda bisa melakukan pembayaran cepat, dalam kata lain anda dapat melakukan pembayaran melebihi angsuran yang telah ditetapkan.

Sistem angsuran pada aplikasi fintech pada umumnya adalah tetap, jumlahnya tidak akan berubah jika anda tidak memiliki penalti karena telat melakukan pembayaran. Ketika anda membayar angsuran melebihi jumlah angsuran yang harus dibayar pada bulan tersebut, maka angsuran bulan berikutnya akan dipotong dan berlaku untuk kelipatannya.

Anda tidak akan dikenai biaya penalti layaknya cicilan kendaraan karena membayar terlalu cepat, bahkan karena hal ini anda dapat berkesempatan untuk menaikkan jumlah batasan peminjaman sehingga anda dapat meminjam sejumlah uang lebih banyak dari sebelumnya.

Cover Picture : Business card vector created by macrovector - www.freepik.com

Ingin Berkomentar ?

Gunakan fitur komentar dengan bijak demi keamanan dan kenyamanan anda saat berselancar di dunia maya ini, mungkin undang - undang atau peraturan dari sebagian wilayah akan menjerat aktivitas yang ada pada kolom komentar.