FreeTalk

Satu Tahun Setelah Point Blank Berada Ditangan Pemilik

Dibuat
Diubah
Dec 09, 2019
Waktu membaca
5 menit
Komentar
0 Komentar

Siapa yang tidak kenal dengan nama permainan online satu ini, hampir setiap kalangan anak 90an hampir mengenal permainan online ini yang telah menemani para pemainnya selama 10 tahun meskipun telah tiga kali berganti - ganti publisher. Sebut saja namanya adalah Point Blank salah satu permainan online atau game online bergenre FPS yang dikembangkan oleh Zepetto, permainannya yang unik dan terlalu mudah menyebabkan seiring waktu gaya permainan selalu berubah. Jika anda salah satu orang yang sangat tidak menyukai game ini karena grafisnya yang jadul dan sangat tidak realistis, baiklah itu bukanlah sebuah masalah yang telak bagi saya dan menurut saya game ini semakin lama semakin sulit untuk dimainkan karena perkembangan cara permainan.

Perkembangan game ini cenderung lebih lambat untuk memenuhi tren saat ini, bagaimana tidak jenis permainan bergenre FPS ini hanya populer pada mode Bomb Mission saja sedangkan mode lain yang ditawarkan terbatas hanya seperti gimmick atau malah ikon dari game ini tapi terlalu terlihat fantasi sehingga kebanyakan orang lebih memilih untuk bermain mode yang sudah populer. Perkembangan pembaruan pada penambahan konten seperti map atau senjata sangatlah jarang, bahkan dalam satu tahun ini penambahan senjata baru diluar skin dan map baru dapat dihitung dengan jari. Mungkin hal ini akan terlihat fatal dimata pemainnya ketika satu tahun belakangan ini game tersebut ternyata telah dipegang oleh pemiliknya langsung yaitu Zepetto Interactive.

Pada Januari tahun 2019 saya memiliki harapan baru atau harapan ini terlalu tinggi untuk direalisasikan atau di implementasikan secara menyeluruh pada game ini, terlebih publisher dipegang oleh pemiliknya sehingga seluruh masalah yang terjadi dapat dengan segera diperbaiki. Mungkin harapan yang dimiliki oleh pemain lain juga serupa bahkan pada bulan tersebut datang isi video youtube pada halaman beranda dipenuhi dengan hal - hal tersebut.

3 Bulan Pertama Yang Terlihat Sangat Buruk

Pada kuartal pertama atau tiga bulan pertama game ini dirilis oleh publisher Zepetto Interactive game ini akhirnya mewujudkan bagaimana developer tersebut bekerja, saya yang sebelum menganggap bahwa ini adalah masalah yang terjadi karena faktor internal pada komputer yang saya miliki ternyata terjadi pada pemain - pemain lainnya. Permasalahan yang terjadi pada 3 bulan tersebut yaitu dimulai dari game yang tidak stabil sehingga menyebabkan FPS Drop pada beberapa komputer yang memiliki spesifikasi medium hingga ke bawah, game launcher yang sering tidak dapat diakses sehingga menyebabkan beberapa pemain kesulitan untuk bermain dan tidak stabilnya server sehingga menyebabkan lag dan terputus dari server.

Masalah pertama seharusnya tidak terjadi jika game client yang digunakan masih sama dengan game client yang digunakan oleh publisher sebelumnya, namun yang sangat disayangkan sepertinya developer sangat mendadak dalam meluncurkan game ini sehingga hal - hal seperti ini tidak dapat teratasi dengan cepat. Lalu kedua masalah lainnya seperti game launcher yang tidak dapat diakses dan tidak stabilnya server merupakan hal yang wajar pada awal - awal pembukaan server.

Tidak ada perkembangan di 6 bulan berikutnya

Pada kuartal kedua atau tiga bulan selanjutnya setelah game ini dipegang oleh pemiliknya, pengembangan pada game ini sangat tidak terlihat. Saya tidak menghitung pembaruan konten seperti senjata skin pada bagian ini karena setiap publisher yang memegang game ini selalu sangat rajin akan melakukan pembaruan konten senjata skin bahkan item gacha. Demi meraup keuntungan saya memberikan toleransi, namun dalam segi kenyamanan hal tersebut tidak ditolerir karena jelas sangat menganggu jalannya permainan yang sedang terjadi.

Beberapa orang mengatakan bahwa hal ini adalah hal yang biasa untuk game yang baru pindah publisher, tapi sangat disayangkan sekali jika publishernya adalah pemiliknya sendiri. Dengan tidak adanya perkembangan game ini seperti hampir sepi peminat, meskipun masih saja ada yang bermain tapi serunya tidak seperti publisher sebelumnya.

Saya sempat menganggap bahwa sepertinya game ini akan mati dengan sendirinya karena ulah publisher yang menurut saya semena - mena dalam memberikan pelayanan pada game ini, pengaturan toko digital untuk pembelian senjatanya saja sampai sekarang tidak dibenahi sampai sekarang karena terlalu banyaknya senjata berskin yang lebih mahal dan jelas menguntungkan.

Mungkin dia sudah lupa dengan janjinya

Hampir satu tahun game ini berada ditangan pemiliknya dan seperti tidak terlihat perkembangannya, ya meskipun ada perkembangan akan tetapi perkembangannya sangat sedikit seakan game ini hanya digunakan untuk meraup keuntungan tanpa memikirkan bagaimana pengalaman pemainnya saat bermain game yang telah mereka buat.

Ya game ini dari awal sudah pay to win dari awalnya, namun sayangnya mereka tidak responsif dalam menanggapi beberapa masalah permainan seperti cheat atau penggunaan program ilegal, kestabilan server yang kadang membuat beberapa orang jengkel dan lambatnya pengembangan sehingga tertinggal dengan game lain.

Mungkin game ini sudah berada pada titik jenuh pengembangannya atau dalam hal lain pengembangannya sudah terbatas sampai di situ mengingat game ini juga telah dirlis pada tahun 2009 di Indonesia sehingga mau tidak mau developer harus memperbarui engine yang tertanam pada gamenya atau bertahan hidup dengan jutaan komplain yang siap menyerang. Saya mengetahui bahwa memperbarui sebuah engine game adalah hal yang tidak mudah dan murah, butuh banyak uang untuk memperbarui hal ini bahkan keamanannya pun tidak akan terjamin sepenuhnya.

Saya berpikir bahwa anda selaku publisher harus bisa mendengarkan aspirasi yang dikirim oleh para pemainnya, jangan biarkan game ini hanya laris karena kuatnya komunitas mungkin itu terdengar sangat kejam akan tetapi keuntungan sebesar - besarnya dapat diperoleh dari pemain yang baru saja mendaftar atau dari casual player yang hanya bermain game untuk bersenang - senang.

Tag
Artikel berhubungan dengan topik
Jenius - Digital Bank Rasa e-Wallet
Artikel Sebelumnya
Artikel Bermasalah ?
Laporkan Pada Penulis
Jika anda merasa bahwa artikel yang anda telah baca saat memiliki materi - materi milik anda tanpa memberikan referensi sumber atau terdapat konten yang tidak dapat dimuat atau artikel ini melawan hukum, harap hubungi penulis agar artikel ini dapat di verifikasi dan dipublikasikan dengan benar.