Created with to build something
Version: 5.0.0
cover-review-biznet-home-dengan-paket-termurah

FreeTalk

Review: Biznet Home Dengan Paket Termurah

Review atau ulasan layanan biznet home milih biznet yang menawarkan jaringan internet dengan kecepatan tinggi dan harga yang lumayan murah.

Jan 01, 2021

Internet merupakan salah satu kebutuhan utama yang sangat penting untuk mempermudah pekerjaan kalian dalam melakukan transaksi maupun berinteraksi, tak luput juga di tahun 2020 hal ini adalah hal yang wajib karena adanya pandemi COVID-19 sehingga hampir semua orang disarankan untuk work from home. Tidak dipungkiri memang kalau pandemi COVID-19 berhasil merubah setiap orang dalam melakukan sesuatu, contoh nyatanya adalah sekolah saat ini dilakukan dalam jarak jauh menggunakan video conferrence meskipun teknologi ini membantu namun sangat mahal untuk kita gunakan jika hanya mengandalkan jaringan seluler 4G atau 5G jika ada.

Di Indonesia internet service provider yang tersedia cenderung sedikit di kota - kota tertentu, bahkan di daerah kalian bukan tidak mungkin hanya tersedia ISP dari plat merah meskipun itu merupakan ibukota dari sebuah provinsi. Jika kalian melirik ISP tersebut ya boleh saja, tapi sejujurnya saya sedikit protes kalau harganya tidak bersaing dengan ISP lain yang bukan merupakan perusahaan BUMN.

Perkenalkan Biznet

Biznet merupakan salah satu penyelenggara layanan internet yang bukan berasal dari perusahaan BUMN ataupun milik negara, ikonik dengan kata "kubu biru" layanan internet yang ditawarkan oleh provider ini sangat bisa dipertimbangkan jika jaringannya tersedia di daerah kalian.

Awalnya saya hanya mengetahui biznet sebagai penyelenggara layanan internet untuk korporat, bisnis ataupun UMKM. Ya karena awal berdirinya layanan yang ditawarkan masih di sebanyak sekarang, bisa dibilang provider satu ini sebagai penggagas layanan internet yang ramah di kantong tapi biayanya sesuai dengan dukungan pelanggan yang diberikan.

Apa itu Biznet Home ?

Ya layaknya telkom yang memiliki produk bernama "Indihome", biznet juga memiliki produk bernama "Biznet Home" yang memiliki sasaran untuk jaringan internet di perumahan. Konsepnya kurang lebih sama dengan kompetitor milik negara, akan tetapi ada beberapa hal unik yang mungkin bisa kamu temukan di biznet home.

Biaya langganan dari biznet home juga cukup pas dikantong dan kurang masuk akal jika kalian pernah berlangganan di ISP kompetitornya, di biznet home setidaknya ada tiga jenis layanan yang ditawarkan seperti : internet, IPTV dan internet + IPTV.

Karena saya hanya membutuhkan internet saja dan tidak ingin berlangganan IPTV atau nama lainnya TV Kabel, jadi saya putuskan untuk berlangganan paket Internet 1B. Oh iya ada yang menarik di kecepatan internet yang ditawarkan, saat artikel ini ditulis biznet menawarkan kecepatan 75 mbps dan 150mbps. Meskipun paket yang di sediakan sangat banyak tapi kecepatan internet yang ditawarkan hanya ada dua, bahkan kecepatan internetnya bisa melebihi angka yang ditawarkan.

alt images

Pemasangan Jaringan

Sebelum kalian berniat untuk memasang biznet, pastikan rumah atau tempat yang ingin kalian pasang biznet home sudah tercover ke jaringan biznet dan sudah memenuhi ketentuan dan layanan yang dibuat oleh biznet. Ingat produk ini hanya bisa digunakan untuk perumahan dan tempat tinggal pribadi, kalian tidak bisa menggunakan jaringan ini untuk dijual kembali hal itu diatur pada ketentuannya.

Biznet Home memiliki dua jenis cara berlangganan yaitu dengan skema menyewa modem dan skema membeli modem, jenis cara berlangganan ini akan mempengaruhi biaya bulanan yang kalian bayarkan dan dikenakan atau tidak dikenakan minimal kontrak berlangganan. Jika kalian menggunakan skema menyewa modem maka biaya bulanan anda akan ditambah dengan biaya sewa modem dan dikenakan minimal kontrak berlangganan, namun jika kalian menggunakan skema membeli modem maka biaya bulanan anda akan tetap seperti yang ada di website tanpa dikenalan minimal kontrak berlangganan

alt images

Disini saya berlangganan dengan menggunakan skema beli modem, sehingga biaya bulanan akan tetap sama seperti yang terdapat pada website biznet (harga di website biznet belum termasuk ppn).

Berbeda dengan ISP lainnya, untuk melakukan pemasangan jaringan kalian perlu membayar sejumlah uang untuk membayar modem (membeli/menyewa modem), pemasangan jaringan (termasuk kabel fiber kurang lebih 250m) dan paket yang anda pilih. Pembayaran hanya akan dilakukan ketika tim di lapangan sudah melakukan review terhadap permintaan pemasangan jaringan biznet home dirumah kalian.

alt images

Jika pembayaran sudah dilakukan maka setidaknya dalam kurun waktu kurang dari 2 hari pemasangan jaringan dilakukan, namun untuk di daerah lain bisa saja pemasangan bisa dilakukan dengan waktu yang lebih lama tergantung jaringan yang tersedia pada area kalian.

Jaringan Biznet Belum Rata

Pada poin ini saya bisa pastikan bahwa jaringan biznet di kota - kota tertentu termasuk provinsi terpopuler di Indonesia tidak selalu memiliki jaringan biznet yang merata, mungkin kalian akan perlu menunggu waktu 1 - 2 tahun lamanya untuk menunggu jaringan biznet sampai ke kawasan kalian. Ingatlah birokrasi juga menyebabkan lambatnya perluasan jaringan biznet sehingga kalian juga bisa menunggu lebih lama atau bahkan jaringan biznet tidak akan tersentuh di wilayah kalian.

Tes Kecepatan

Untuk urusan kecepatan internet sepertinya biznet tidak begitu diragukan lagi, ya meskipun layanan internet yang ditawarkan adalah "up to" bukan "as is" atau selalu 75 mbps hal ini bukanlah masalah karena kecepatan internet yang saya butuhkan saat ini kurang lebih hanya kisaran 40 - 50 mbps saja. Dengan kecepatan 75 mbps ini sudah lumayan untuk melakukan streaming video full hd di 2 - 4 perangkat berbeda secara bersamaan, akan tetapi saya sendiri agak terkejut setelah melakukan speed test.

alt images

Ya tembus dilebih 75mbps baik download ataupun upload, ya saya tidak heran kalau ini bisa dipakai untuk live streaming sambil melihat previewnya di panel layanan live streaming. Karena saya mungkin kurang percaya akhirnya saat artikel ini ditulis saya uji kembali kecepatan dan hasilnya ternyata sama saja.

alt images

Abaikan saja server tujuannya karena dengan kecepatan segini kebutuhan saya dalam mengakses website, live streaming atau bahkan streaming video di youtube sudah terpenuhi.

Catatan Penting Untuk Suka Eksperimen

Mari kita mulai dari suatu kendala yang yaa bukanlah masalah bagi orang awam tapi masalah bagi orang yang sudah mengerti dunia jaringan, tidak seperti ISP plat merah modem yang dimiliki oleh biznet ini seperti memang benar - benar pure tidak di rombak sama sekali oleh biznet. Beberapa hal yang terkadang sepele sekali bisa berujung hal yang fatal jika tidak di mengerti sama sekali, pada suatu hari saya mereset modem biznet yang saya miliki karena lupa password console admin dari modem tersebut.

Saya resetlah modem tersebut dan masalah baru mulai muncul, yak pengaturan WAN yang biasa digunakan untuk terhubung ke jaringan biznet hilang dan jika ini terjadi kalian perlu mengatur ulang pengaturan yang ada disana untuk bisa terhubung ke jaringan biznet.

alt images

Terlebih lagi buku panduan dari modem tersebut tidaklah lengkap sehingga kalian perlu mengontak customer service untuk meminta panduan tersebut dan meminta customer service untuk menangani hal ini, karena mengikuti panduan yang diberikan juga tidak berhasil menangani masalah.

Customer Service

Pelayanan yang terbaik adalah pelayanan yang ramah dan dapat mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada customer, ini adalah salah satu mindset yang sudah saya terapkan meskipun produk atau jasa dari perusahaan tersebut biasa - biasa saja. Bisa saya katakan customer service pada biznet sangatlah manusia, ok saya tidak bercanda pada bagian ini karena dari pengalaman berlangganan layanan internet di provider lain customer servicenya seperti robot yang kurang diupdate algoritmanya.

Bisa dikatakan harusnya customer service yang bekerja terkait layanan internet harusnya bisa memiliki kinerja yang baik seperti ini, ya kurang lebih cs sales maupun cs technical dapat memahami apa yang saya butuhkan dan bisa menyelesaikan masalah yang saya alami pada perangkat biznet.

Mungkin saja kinerja baiknya sangat membuahkan hasil sehingga saya bisa berlangganan layanan biznet home, ya sejujurnya saya terlalu kepo melalui live chat biznethome dalam menanyakan bagaimana prosedur pendaftaran hingga beberapa ketentuan yang bagi saya kurang jelas.

Kesimpulan

Disamping tidak meratanya jaringan biznet yang lumayan agak sesalkan akan tetapi kualitas internet yang ditawarkan oleh biznet melalui layanan biznethome bukanlah sesuatu yang sifatnya kaleng - kaleng atau kacangan, layanan ini bisa kamu pertimbangkan matang - matang jika jaringannya tersedia di wilayah kamu. Jangan lupa juga pilihlah jenis cara berlangganan yang sesuai dengan kondisi yang ada disana karena kalau kalian tidak berlangganan kembali dan terdapat minimal kontrak berlangganan maka kamu akan dikenakan denda yang cukup lumayan untuk melakukan pemasangan satu modem biznethome.

Ingin Berkomentar ?

Gunakan fitur komentar dengan bijak demi keamanan dan kenyamanan anda saat berselancar di dunia maya ini, mungkin undang - undang atau peraturan dari sebagian wilayah akan menjerat aktivitas yang ada pada kolom komentar.