FreeTalk

Pengalaman Menggunakan Plesk Hosting IDCloudHost Selama 4 Bulan

Dibuat
Diubah
Dec 09, 2019
Waktu membaca
5 menit
Komentar
0 Komentar

Sedikit bercerita pengalaman saya berganti - ganti hosting mulai dari dynohost sangatlah banyak, memang saya sendiri terlihat sedikit buang - buang uang karena membeli sebuah hosting yang hanya digunakan untuk membuat sebuah blog. Kebiasaan membuat blog tersebut mulai bergeser setelah saya mengetahui bagaimana cara kerja sebuah website sehingga lama kelamaan saya membuat sebuah blog adalah dengan alasan untuk sebuah pembelajaran. memang pembelajarannya terlalu sedikit tidak imbang sekali - kali saya membuat blog menggunakan sebuah framework laravel yang memang terlalu overkill untuk urusan seperti itu. Terlebih lagi saya yang baru mengenal ekosistem javascript dan nodejs lebih tertantang untuk membuat sebuah blog dengan menggunakan nuxt js dan lumen, ini memang lebih overkill lagi tapi untuk kelas yang sudah advance sebuah hosting juga dituntut untuk bisa menggunakan bahasa pemrograman yang terkait.

Saya sempat mencari beberapa hosting yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut mulai dari tempat hosting yang pernah saya gunakan sampai yang baru, namun tidak ada satupun menawarkan paket hosting dengan kebutuhan yang saya inginkan sehingga saya menemukan satu provider hosting yang memiliki harga yang menarik. IDCloudHost menawarkan plesk hosting dimana layanan ini memungkinkan pelanggannya untuk mendeploy aplikasi berbasis web mereka dengan menggunakan bahasa pemrograman ruby, phyton, nodejs dan php dengan dukungan akses terminal SSH. Harga yang ditawarkan juga cukup menarik mulai dari 30rb perbulan dan anda bisa melihatnya pada halaman berikut.

Impresi Pertama

Salah satu keunggulan mutlak kenapa saya senang sekali dengan IDCloudHost adalah pada metode pembayarannya, segudang metode pembayaran bisa anda lakukan disini apalagi jika anda sering ikutan salah satu promo cashback dari salah satu dompet digital sudah dipastikan cashback kamu bisa digunakan untuk membeli hosting disini. Ya hanya itu saja impresi pertama saya dengan provider ini, sisanya hampir sama dengan provider - provider hosting kebanyakan pusat resolusi yang diberikan untuk jenis service ini sangatlah kurang lengkap.

Saya sendiri sadar bahwa ada teknologi canggih seperti google untuk membantu masalah ini jadi mereka tidak kepikiran untuk membuat pusat resolusi bantuan mengenai layanan plesk, karena pusat resolusi bantuan yang kurang alhasil saya sendiri kesulitan untuk menggunakannya karena saya belum familiar dengan plesk panel. Sempat juga saya melakukan searching di google mengenai masalah saya dengan plesk hingga pada akhirnya saya menyerah dan membuat tiket untuk meminta bantuan, memang dalam pertanyaan basic pihak internal dapat memandu dengan baik namun untuk pertanyaan teknikal saya sendiri masih ragu.

Performa yang relatif stabil

Hosting dalam keadaan menggunakan lumen dan menjalankan nuxt agar dapat diakses pada situs ini, karena letak data center terdapat di Indonesia saya masih berani mengatakan performa yang ditawarkan pada layanan plesk hosting oleh IDCloudHost relatif stabil meskipun terkadang saya tidak dapat terhubung ke terminal SSH untuk keperluan tertentu sehingga saya dipaksa mengeksekusi script nodejs pada plesk panel. Memang saya sangat senang mengakses server melalui ssh client karena relatif lebih cepat ketimbang login ke plesk panel dengan membuka browser, ini mungkin bukanlah sebuah masalah mengingat hal ini terjadi tidak terlalu sering atau dalam kata lain jarang bahkan kejadian ini dapat dihitung dalam periode waktu 3 bulan.

Untuk masalah melakukan deploy baik itu framework lumen dan nuxt berjalan dengan sangat lancar, anda dapat menggunakan composer untuk menginstall beberapa packages yang sudah dibuat pada project lumen dan anda pun juga dapat menggunakan perintah npm untuk menginstall hingga mendeploy dengan menambahkan sedikit opsi dibelakangnya. 

Masalah lebih banyak di isu teknikal

Isu teknikal seperti terminal ssh tidak dapat diakses merupakan salah satu dari sekian banyak isu teknikal yang ada pada layanan ini, bahkan masalah teknikal tidak datang dari plesk hosting yang saya gunakan namun diluar dari plesk hosting. Saya sadar bahwa menggunakan bahasa pemrograman web selain php pada sebuah hosting adalah hal yang tidak direkomendasikan, bukan karena performa yang sangat jelas dibatasi meskipun kita sudah diberi tahu bahwa spesifikasi server yang digunakan adalah ini dan itu akan tetapi datang di konfigurasi web server. File htaccess hanyalah konfigurasi web server yang biasa hanya digunakan untuk melakukan url rewrite ataupun header cache, namun disaat - saat tertentu kita perlu mengkonfigurasi web server untuk hal - hal yang lebih advance lagi.

Masalah lainnya terdapat pada masalah pembayaran yang perlu dibenahi meskipun metode pembayarannya ada segudang, pada suatu waktu saya ingin membayar tagihan pada IDCloudHost namun seminggu kemudian setelah pembayaran penagihan pada tagihan yang sudah dibayarkan dikirimkan kembali melalui email. Sontak saya sedikit terkejut melihat hal ini karena setelah saya cek pada dashboard tidak ada pembayaran yang masuk padahal saya sudah membayar, mengirim tiket pada bagian bantuan juga menambah rentetan masalah karena setelah masalah selesai lahirlah masalah lainnya yang mungkin berhubungan dengan isu teknikal terakhir.

Isu teknikal terakhir mengarah ke yang lebih fatal karena framework lumen yang saya gunakan untuk menghandle arus data frontend tidak dapat terhubung ke database sehingga nuxt tidak dapat bekerja secara optimal, beberapa halaman statis seperti halaman project dan halaman tentang saya dapat diakses namun selebihnya yang berhubungan dengan database tidak dapat diakses. Hal ini sudah diberi tahu ke technical support IDCloudHost, namun karena selama 3 hari tidak ada perkembangan sama sekali terhadap isu ini akhirnya saya memutuskan untuk melakukan move service ke AWS. Mungkin ini karena masalah pembayaran lalu dimana pembayaran dilakukan untuk menambah masa berlaku dari agustus ke oktober, namun karena terjadinya masalah tersebut masa berlaku hosting malah bertambah dari agustus ke januari.

Kesimpulan

Dengan harga hosting yang dipatok mulai dari 30 ribu rupiah, layanan plesk hosting meilik IDCloudHost merupakan salah satu layanan yang sangat worth it ke fitur - fitur yang ditawarkan hingga banyaknya bahasa pemrograman yang disupport oleh plesk panel., meskipun masalah yang dihadapi juga cukup lumayan memeras otak tapi ini merupakan salah satu hal yang sedikit wajar jika anda memiliki paket layanan yang lebih rendah dibanding menggunakan sebuah VPS. Jika anda seorang developer layanan hosting ini bisa menjadi pilihan yang perlu dipertimbangkan, tidak familiar dengan plesk merupakan hal yang wajar akan tetapi akses terminal SSH merupakan sedikit gerbang menuju kebebasan.

Tag
Artikel berhubungan dengan topik
TicWatch E - Smartwatch Android Wear Paling Murah dan Worth It
Artikel Sebelumnya
Jenius - Digital Bank Rasa e-Wallet
Artikel Selanjutnya
Artikel Bermasalah ?
Laporkan Pada Penulis
Jika anda merasa bahwa artikel yang anda telah baca saat memiliki materi - materi milik anda tanpa memberikan referensi sumber atau terdapat konten yang tidak dapat dimuat atau artikel ini melawan hukum, harap hubungi penulis agar artikel ini dapat di verifikasi dan dipublikasikan dengan benar.