Kredivo dan Shopintar - Komparasi Aplikasi Peminjaman Di Indonesia

FreeTalk

Fintech, Shopintar, Kredivo,

Kredivo dan Shopintar - Komparasi Aplikasi Peminjaman Di Indonesia

FreeTalk

08/05/2019 10:53

Fintech, Shopintar, Kredivo,

Tidak dipungkiri memang kebutuhan yang sangat mendesak ditengah ekonomi yang memiliki kesehatan yang kurang baik menjadi suatu alasan menggunakan aplikasi pinjaman online tanpa melihat bagaimana resiko yang diterima jika terjadi keterlambatan, aplikasi pinjaman online atau biasa disebut fintech atau pinjol (pinjaman online) sangat beragam dan bahkan untuk di Indonesia jumlahnya mulai meningkat di pertengahan tahun 2018.

Saya tidak bisa bilang bahwa menggunakan aplikasi pinjaman online adalah salah satu tindakan yang salah karena sebagian orang pasti memiliki keadaan terdesak untuk meminjam uang, tidak sedikit banyak pengguna yang terjebak dalam menggunakan aplikasi pinjaman online. Selain karena penggunanya yang malas membaca kebijakan penggunaan akan tetapi pihak manajemen dari aplikasi pinjaman online sering sekali mempermainkan data pengguna, baik itu untuk melakukan penagihan utang dan lain sebagainya.

Shopintar

Karena penasaran pada bulan September 2018 saya mencoba salah satu aplikasi pinjaman online yang pada saat itu bisa dikatakan sebagai aplikasi pinjaman online yang masih baru rilis, namanya shopintar aplikasi ini tidak seperti aplikasi pinjaman online pada umumnya karena hampir mirip seperti marketplace berbasis cicilan. Memang disana kita bisa melakukan pinjaman uang ataupun membeli barang dengan cara angsuran ataupun cash, akan tetapi aplikasi ini memiliki prosedur pendaftaran yang mudah bahkan bisa dikatakan sangat - sangat mudah.

shopintar

Prosedur Pendaftaran

Prosedur pendaftaran pada aplikasi shopintar bisa dikatakan sangat mudah dan lebih mudah dari seluruh aplikasi pinjaman online yang pernah saya coba, untuk permulaan informasi pendaftaran yang dibutuhkan sangatlah formal dan biasa seperti identitas diri dan nomor telepon. Namun untuk melakukan pinjaman dibutuhkan verifikasi data kembali menggunakan metode selfie bersama KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan selfie daerah wajah, ini adalah salah satu syarat yang sudah pasti anda lakukan jika anda melakukan pembukaan rekening pada salah satu bank yang ada di Indonesia namun untuk metode selfie dengan KTP mungkin saja ini adalah prosedur tambahan untuk memastikan KTP yang didaftarkan sudah sesuai dengan orangnya.

Cara Kerja Cicilan

Untuk melakukan cicilan pada aplikasi shopintar anda hanya perlu mencari nama barang yang terdapat pada marketplace, layaknya sebuah aplikasi marketplace pada umumnya anda juga perlu memasukan barang yang anda beli ke keranjang belanja dan ini memungkinkan anda untuk membeli dua barang untuk dicicil secara bersamaan. Ada hal buruk yang harus diperhatikan bahkan anda harus berhati - hati jika opsi ini ditawarkan untuk barang - barang yang memiliki nilai yang lumayan besar, yaitu program cicilan dp 0%. 

Ini adalah langkah wajib jika anda ingin membeli barang tersebut namun dengan tawaran tidak ada DP yang dibayarkan setelah transaksi dilanjutkan, ini mungkin menjadi hal yang bagus untuk sebagian orang namun bagi saya mengalihkan transaksi dari menggunakan DP menjadi tanpa DP secara paksa adalah hal yang tidak bagus karena tidak setiap orang melakukan cicilan pasti tidak punya uang.

Karena saya penasaran akhirnya saya lanjutkan dan saya memiliki rasa penyesalan kenapa tanpa DP, bunga yang diberikan pada periode angsuran juga terlalu tinggi bagi saya. Bayangkan saja barang yang harganya 2 juta 800 ribu (Rp. 2.800.000) harus membayar angsuran dengan total pembayaran 4 juta sekian, ya bunganya saya anggap terlalu besar bahkan hampir 50% dari harga barang. Terlebih lagi sistem peminjaman uang yang ditawarkan bunganya didasarkan dengan tanggal peminjaman, jadi semakin muda tanggalnya semakin besar bunganya namun semakin tua tanggalnya maka semakin kecil bunganya.

Kekurangan Shopintar

Jika anda memilih untuk tetap menggunakan aplikasi shopintar anda perlu perhatikan kekurangan - kekurangan ini karena kekurangan ini juga mungkin memicu sebuah keuntungan, kekurangan shopintar adalah terletak pada notifikasinya dimana seharusnya kita hanya perlu atau cukup mendapatkan notifikasi melalui aplikasinya namun sayangnya adalah notifikasi baik itu penawaran atau lain sebagainya kita dapatkan melalui SMS yang besar kemungkinan mungkin anda akan terganggu. Kekurangan yang menguntungkan lainnya adalah pada prosedur validasi dimana aplikasi yang harusnya mendapatkan akses untuk melihat histori telepon dapat kita hindari cukup dengan tidak mengijinkan aplikasi untuk mengakses seluruh hal yang berhubungan dengan telepon ataupun kontak jika cara ini masih berlaku berarti selamat teman anda mungkin tidak akan diteror. Kekurangan paling besar yang menjadi momok kenapa aplikasi ini sangat mudah dalam melakukan pendaftaran adalah aplikasi shopintar tidak resmi disetujui oleh OJK (otoritas jasa keuangan) yang artinya OJK tidak merekomendasikan seluruh orang untuk menggunakan aplikasi fintech ini untuk melakukan pinjaman.

Kredivo

Sebagian pengguna marketplace yang ada di Indonesia pasti tahu dengan aplikasi pinjaman online yang satu ini, Kredivo merupakan salah satu aplikasi pinjaman online yang bisa dikatakan paling besar diantara aplikasi pinjaman online lainnya. Mendukung berbagai macam marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Zalora, JuraganVoucher dan lain sebagainya menyebabkan aplikasi ini tidak perlu lagi memiliki marketplace tersendiri layaknya shopintar.

Kredivo

Prosedur Pendaftaran

Jika sebelumnya pada aplikasi shopintar memiliki cara pendaftaran yang super gampang maka pada kredivo memiliki cara pendaftaran yang super sulit, saya bilang super sulit karena pendaftarannya yang ketat dan tidak semua orang bisa mendaftar pada kredivo. Pada awal pendaftaran mungkin terlihat biasa saja karena hanya mencantumkan informasi data diri dan selfie dengan KTP, namun jika diperhatikan maka anda memiliki kemungkinan gagal untuk terdaftar karena kurangnya dokumen pendukung seperti akun sosial media, akun marketplace bahkan rekening koran. Jika pendaftaran pertama anda telah lewati dan terdaftar maka anda langsung bisa menggunakan akun yang dibuat untuk melakukan cicilan, tapi sayangnya adalah anda akan dimintai data tambahan seperti bukti gaji bulanan dan lain sebagainya untuk meningkatkan jumlah limit. Kenapa begitu ?, karena jumlah limit yang diterima pada awal pendaftaran sangatlah rendah yaitu 600 ribu (Rp. 600.000) untuk penundaan pembayaran selama satu bulan dan itu saja pasti tidak akan cukup. Jika anda ingin melakukan pembayaran bulanan pastikan anda untuk melakukan peningkatan limit dengan mengunggah dokumen - dokumen krusial lainnya yang dibutuhkan agar pihak kredivo percaya bahwa anda memang layak untuk melakukan angsuran pinjaman.

Cara Kerja Cicilan

Karena kredivo mengandalkan pihak ketiga untuk melakukan peminjaman dana untuk pembelian barang, jadi anda hanya perlu berselancar ke marketplace yang sudah bekerjasama dengan kredivo lalu lakukan pembayaran seperti biasa dan memilih kredivo sebagai metode pembayaran. Ada empat jenis pembayaran yang bisa digunakan pada kredivo yaitu : one month pay later, 3 month pay later, 6 month pay later dan 12 month pay later. Setiap jenis pembayaran pada kredivo memiliki kalkulasi bunga yang berbeda - beda dan yang terendah pasti pada one month pay later. Bunganya pun lumayan rendah bahkan tidak sampai 5% untuk sejenis aplikasi pinjaman online, jangan dibandingkan dengan kartu kredit karena pasti bunga yang ditawarkan pada kartu kredit jauh lebih rendah karena penggunaan kartu kredit juga tidak bisa digunakan oleh semua orang.

Hal terasik yang bisa saya temui pada kredivo adalah pembayaran dapat dilakukan pada marketplace, ya anda tidak salah dengar belanja di marketplace bayar cicilan di marketplace jadi jika marketplace kesayangan anda menawarkan promo anggap saja itu promo cashback anda bisa gunakan cashback tersebut untuk membayar cicilan tersebut. Memang ini terdengar seperti penyalahgunaan namun kredivo sendiri tidak pernah menawarkan promo seperti itu.

Kekurangan Kredivo

Saya bingung mendeskripsikan kekurangan kredivo untuk saat ini karena ya aplikasi dalam hal pinjaman online pada kredivo tidak ada bahkan saya bingung mencari letak kesalahannya, disamping karena saya juga tidak pernah telat dalam melakukan pembayaran cicilan dan selalu bayar H-7 setelah melakukan cicilan khususnya untuk one month pay later. Saya bisa memastikan bahwa kredivo tidak memiliki kekurangan sedikitpun, pelayanan customer service pada aplikasi ini juga lumayan responsif dan memiliki call center tersendiri.

Kesimpulan

Tidak adil rasanya saya membandingkan dua aplikasi yang memiliki legalitas operasi yang berbeda dimana yang satu ilegal dan yang satu legal, tapi jika anda sangat - sangat mendesak untuk melakukan peminjaman saya rasa dua aplikasi ini saya rekomendasikan di balik beberapa kekurangan yang sudah pasti seperti privasi yang sudah pasti akan bisa dilihat oleh pihak aplikasi pinjaman online. Tulisan ini berlandaskan dengan apa yang saya alami jadi untuk kasus keterlambatan pembayaran tolong jangan ditanyakan kesini karena saya belum pernah telat membayar angsuran pada aplikasi pinjaman online, selebihnya keputusan ada ditangan anda.

Background vector created by photoroyalty - www.freepik.com