FreeTalk

Jenius - Digital Bank Rasa e-Wallet

Dibuat
Diubah
Dec 09, 2019
Waktu membaca
8 menit
Komentar
0 Komentar

Bank merupakan salah satu tempat penyimpanan uang yang biasa digunakan untuk tujuan tertentu seperti menabung ataupun berinvestasi. Sebagian besar penduduk di dunia ini pasti mengetahui mengenai tempat penyimpanan uang ini, dari sekolah dasar sangat sering diajarkan untuk rajin - rajin menabung agar suatu saat uangnya bisa digunakan untuk masa depan. Mungkin itu hanya berlaku di jamannya karena disamping perkembangan jaman yang sudah terlalu pesat, fungsi bank saat ini tidak hanya digunakan untuk menabung ataupun berinvestasi tetapi juga digunakan untuk bertransaksi jual beli. Memang kemudahan yang ditawarkan cukup bagus karena kita tidak perlu berbelanja keluar rumah, cukup hanya menunggu barang yang anda pesan akan dikirimkan karena anda sudah membayar barang tersebut secara instan melalui internet banking ataupun mobile banking.

Bagaimana rasanya jika bank yang selama ini kita kenal mulai berubah wujudnya menjadi digital atau dalam kata lain kita tidak perlu ke bank untuk urusan - urusan sepele seperti membuat rekening baru, melihat mutasi rekening, mengirimkan keluh kesah menggunakan jasa pelayanan bank dan komplain online. Ini semua sudah bisa diwujudkan dengan hadirnya Digital Bank yang sedikit demi sedikit hampir menggeser kehadiran bank konvesional yang sudah kita kenal, meskipun rasanya jika di lihat pada kenyataannya digital bank di Indonesia itu seperti semi digital tapi tidak ada salahnya untuk mencoba.

Saya sudah terlanjur exciting dengan hal ini sehingga suatu ketika saya mencoba untuk mendaftar di salah satu sesepuh atau pelopor digital bank yang notabene bank pertama yang meluncurkan digital bank ke nasabahnya, ya mungkin saya sedikit terlambat karena digital bank ini sudah dirilis pada tahun 2016 karena dukungan jaringan yang tidak begitu luas pada saat itu dan persyaratan yang dimiliki tergolong sangat kurang akhirnya saya menunda dan berniat untuk mendaftarkan diri menjadi nasabah bank tersebut pada tahun ini.

Dikutup dari kamus besar wikipedia  Jenius adalah aplikasi perbankan digital revolusioner yang yang dilengkapi dengan kartu debit Visa dan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) untuk membantu penggunanya melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan dengan lebih mudah, cerdas, dan aman. Semua dilakukan dari satu tempat, semua dari ponsel, serta memungkinkan nasabah untuk memiliki rekening bank dan mengelola keuangan dari ponsel, baik yang berbasis Android maupun iOS. Dari penjelasan yang dipaparkan oleh wikipedia itu bukanlah hal yang menarik karena terlihat sama saja seperti layanan yang ditawarkan oleh bank - bank lain, akan tetapi bank BTPN sepertinya tahu apa yang saya butuhkan karena pada jenius ditawarkan kartu debit visa yang berbentuk fisik maupun digital dan sudah mendukung sistem pembayaran internasional. Ketika sistem pembayaran internasional ini sudah didukung oleh suatu layanan dari sebuah bank, maka kita tidak perlu lagi membeli VCN dari seller - seller yang bertebaran di mesin pencari.

Pendaftaran Awal Yang Terlalu Mudah

Mungkin apa yang saya katakan berlandaskan dengan apa yang saya alami saat melakukan pendaftaran untuk menjadi nasabah jenius a.k.a bank BTPN, sebelum anda memulai untuk mengunduh aplikasinya baik pastikan ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi terlebih dahulu seperti KTP dan NPWP. Kedua hal tersebut merupakan hal yang wajib kamu siapkan dan kirimkan ke aplikasi jenius sebagai syarat pendaftaran, ketika persyaratan tersebut dipenuhi anda akan diminta untuk mengisi data diri melalui form yang disediakan dan berfoto selfie. Setelah pendaftaran telah selesai maka anda akan diminta untuk melakukan aktivasi rekening, aktivasi rekening bertujuan untuk mengetahui apakah data yang dikirim telah benar dan menjadi prasyarat wajib untuk bertemu dengan calon nasabah yang telah dibuat pada sebuah peraturan BI (kalau tidak salah).

Ada tiga jenis cara aktivasi rekening yaitu : video call melalui aplikasi jenius, mendatangi bank BTPN terdekat dan melakukan pertemuan dengan pihak jenius pada daerah tertentu, ketiga cara tersebut bisa anda lakukan dan dari ketiga cara tersebut memiliki jadwal operasional yang berbeda - beda. Jika anda tidak memiliki waktu luang yang banyak dan kebetulan saat melakukan registrasi ingin langsung melakukan aktivasi, saya merekomendasikan anda untuk menggunakan cara aktivasi melalui video call.

Kartu Yang Diberikan Tidak Terbatas

Pada umumnya ketika anda memiliki rekening, hal yang sudah pasti anda dapatkan yaitu buku tabungan dan kartu ATM. Namun pada jenius anda ditawarkan 3 jenis kartu yang berbeda dengan kelebihannya masing - masing, kartu yang diberikan oleh jenius tergolong tidak terbatas atau dalam kata lain anda dapat memiliki kartu lebih dari 3 tanpa membuat 3 rekening yang berbeda. Jenis kartu m-Card dan e-Card merupakan kartu yang pertama kali ditawarkan oleh jenius, kedua kartu ini akan otomatis diberikan setelah aktivasi rekening dilakukan namun kartu fisik bernama m-Card ini akan dikirimkan dari Jakarta ke tempat tinggal anda berdasarkan KTP dan data yang telah diberikan saat pertama kali melakukan pendaftaran. Sedikit catatan m-Card mungkin akan dikirimkan sangat lama tergantung seberapa jelas anda memberikan alamat rumah saat pertama kali pendaftaran, jika m-Card tidak kunjung dikirimkan juga maka pastikan anda menghubungi customer service jenius untuk meminta penjelasan lebih lanjut.

Kartu jenius terakhir yang ditawarkan oleh jenius yaitu x-Card yang merupakan kartu debit tambahan atau kartu debit extra yang bisa kamu buat untuk kebutuhan tertentu, x-Card memiliki kartu fisik sehingga memungkinkan anda untuk memberikan x-Card ke orang lain dengan jumlah limit dan saldo yang telah ditentukan melalui aplikasi jenius. Namun sebelum anda ingin menambah x-Card pastikan kamu telah mengetahui bahwa penggunaan x-Card akan menambah jumlah pengeluaran bulanan untuk membayar kartu tersebut.

Transaksi Internasional Tidak Terbatas

Alasan utama saya menggunakan jenius adalah untuk melakukan transaksi internasional atau kita bisa membeli barang melalui e-Commerce luar negeri seperti e-Bay, amazon, gearbest dan lain sebagainya. Ya mungkin saya hanya gunakan untuk membeli layanan cloud computing sehingga setiap tagihan bulanan datang, saya tidak terlalu pusing untuk membayarnya karena kartu debit visa yang ditawarkan jenius bisa digunakan untuk bertransaksi internasional.

Transaksi yang dilakukan tidak terbatas dan hanya dibatasi dengan jumlah saldo yang dimiliki oleh kartu tersebut dan jumlah limit transaksi yang telah kamu atur pada aplikasi jenius, jika sudah seperti ini anda tidak perlu sekali menggunakan paypal untuk melakukan aktivasi dan melakukan transaksi. Cukup gunakan kartu debit yang sudah berlogo visa secara otomatis transaksi yang kamu lakukan akan bisa dijalankan dan terbayar (oh ya pastikan saldo yang dimiliki cukup :D)

Bisa Dipakai Menabung Ala Deposito

Pada umumnya semua orang punya rekening di bank untuk tujuan menabung, tapi kadang kala karena kemudahan yang keterlaluan menyebabkan nafsu membeli suatu barang tidak terkontrol. Jenius menawarkan cara menabung yang menurut saya sedikit berbeda yaitu menabung ala deposito, memang untuk menggunakan cara ini tabungan anda sudah dipastikan tidak akan dapat langsung dicairkan keesokan harinya akan tetapi ini akan menjadi cara untuk setiap orang untuk berpikir untuk menabung. Fitur ini dinamakan Save it diimana save it dibagi menjadi tiga jenis yaitu : Flexi Saver yang dapat kamu gunakan dan cairkan kapan saja, Dream Saver yang dapat kamu gunakan untuk menuju suatu tujuan dan Maxi Saver yang dapat kamu gunakan untuk menabung secara berjangka.

Setiap jenis tersebut memiliki bunga yang berbeda - beda mulai dari yang terkecil flexi saver sampai maxi saver yang bisa dikategorikan bunganya tinggi, disini anda tidak membayar bunga melainkan mendapatkan bunga dimana setiap anda menyertokan sejumlah uang maka akan dihitung sehingga setiap bulan anda akan menerima bunga yang dapat meningkatkan jumlah saldo pada rekening jenius.

Customer Service Responsif Tapi Zonk

Jenius menawarkan pelayanan customer service untuk pengaduan keluhan sampai menyampaikan kritik dan saran secara responsif dan sangat cepat, saya bilang responsif dan sangat cepat karena memang waktu membalas email sangat cepat sehingga anda pun bisa melakukan pengaduan di luar jam kerja, akan tetapi saya memiliki suatu permasalahan yang bisa dikatakan sepele tapi terlalu serius jika itu berhubungan dengan transaksi dengan dana yang sangat besar.

Saya memiliki suatu kasus yang sudah terjadi sangat lama sekitar 2 minggu, transaksi pada jenius telah berhasil namun dana yang harusnya terkirim ke tujuan akan tetapi tidak terkirim hingga sekarang. Customer Service pada jenius juga tergolong bagus karena ketiga pelaporan yang telah kita buat telah melewati jangka waktu yang ditentukan maka customer service jenius akan menghubungi untuk melakukan konfirmasi dan perpanjangan terhadap pelaporan terkait, tapi sayangnya sampai pelaporan dinyatakan selesai dana yang dikirimkan tidak diterima pada tujuan transfer dan dana tidak direfund ke saldo rekening.

Digital Bank Rasa e-Wallet

Kesimpulan saya mengenai aplikasi ini jenius merupakan digital bank yang sangat bagus, namun karena cabang bank BTPN sedikit dan sampai sekarang kartu ATM atau m-Card yang harusnya saya terima belum dikirimkan rasanya aplikasi ini seperti e-Wallet. Jika kamu ingin mengisi saldo jenius kamu perlu punya rekening kedua untuk melakukan transfer dari rekening kedua ke rekening jenius, ya dengan tambahan biaya admin menjadikan digital bank ini seperti e-Wallet layaknya OVO atau GO-PAY. Jika anda orang yang bekerja di jenius saya meminta anda untuk memberi tahu customer service disana untuk selesaikan seluruh masalah yang ada dengan tepat, jangan ada pelaporan selesai namun masalah tidak diselesaikan karena saya sendiri akan ragu menggunakan digital bank ini menjadi rekening utama.


Tag
Artikel berhubungan dengan topik
Pengalaman Menggunakan Plesk Hosting IDCloudHost Selama 4 Bulan
Artikel Sebelumnya
Satu Tahun Setelah Point Blank Berada Ditangan Pemilik
Artikel Selanjutnya
Artikel Bermasalah ?
Laporkan Pada Penulis
Jika anda merasa bahwa artikel yang anda telah baca saat memiliki materi - materi milik anda tanpa memberikan referensi sumber atau terdapat konten yang tidak dapat dimuat atau artikel ini melawan hukum, harap hubungi penulis agar artikel ini dapat di verifikasi dan dipublikasikan dengan benar.