Dunia blog saat ini merupakan salah satu dunia yang hampir mirip seperti sosial media, ya hampir mirip karena hampir semua orang mempunyai sebuah situs blog yang dimulai dari amatiran sampai professional. Tak jarang banyak orang yang sering meluangkan waktunya untuk mengembangkan sebuah blog, menurut wikipedia blog itu sendiri merupakan sebuah website yang berisi tulisan - tulisan pada sebuah halaman website.

Fungsi dari blog ini beranekaragam bentuknya mulai dari tempat sharring ilmu, pengganti diary konvensional, untuk menyebarkan informasi yang unik ataupun aneh, sampai yang terburuk seperti nyebarin berita HOAX. Jenis - jenisnya pun juga tergolong terlalu banyak bahkan saya sendiri tidak bisa menghitung berapa sih sebenarnya jumlah dari jenis - jenis blog yang pernah dibuat di Indonesia.

Nah sebelum kita menulis unek - unek isi kepala, hal yang sudah pasti harus dilakukan adalah mencari platform yang cocok untuk diajak ngetik panjang - panjang. Kalau di analogikan platform itu seperti buku atau media tempat kita bisa nulis apa yang kita ingin tulis, kenapa harus memilih memangnya blog itu platformnya banyak ya ?.

Saat ini platform blog itu sudah banyak, mulai dari yang bersifat layanan sampai ada juga yang bersifat self-hosted. Ngomong - ngomong soal platform mungkin ada beberapa dari sebagian orang bingung sebenarnya kita itu enakan pakai platform apa sih ?, jadi tanpa hal yang ribet saya akan mulai untuk membagikan referensinya.

Blogger

Blogger merupakan salah satu layanan blog yang bisa digunakan hanya dengan menggunakan akun google, ya gak perlu daftar lagi cukup login with google account urusan anda telah selesai. Layanan ini juga termasuk layanan yang masih populer sampai saat ini, bahkan sampai hebatnya situs blog yang kita buat menggunakan blogger juga bisa disulap menjadi situs safelink (kurang hebat apa coba :v).

Jika anda pemula atau orang yang termasuk bisa menggunakan javascript dan mengerti JSON, mungkin menggunakan blogger adalah salah satu solusi yang sangat baik. Anda tak perlu lagi memikirkan apa nanti blognya down atau kena DDoS karena dengan menggunakan blogger hal ini sudah dikatakan tidak mungkin, kekurangannya mungkin ya akan terasa jika kamu menginginkan sesuatu yang lebih seperti membuka toko online atapun diskusi semacam forum.

Tumblr

Tumblr juga salah satu layanan blog yang sejenis dengan blogger dan cara kerjanya hampir mirip dengan twitter ala friendster (ribet banget ya :v) atau bisa juga kita bilang ini sebagai media sosial berbasis blog karena cara kerjanya hampir mirip dengan sebuah sosial media.

Orang - orang yang sangat cocok untuk menggunakan platform ini adalah pemula dan penulis yang tidak mengejar rating atau google adsense, karena kekurangan dari tumblr ini akan sangat terlihat jika kamu ingin membuat sesuatu yang lebih dari yang seharusnya. Tapi kelebihannya juga lumayan simple, mudah dan tidak ribet (sama aja :v) sehingga sangat cocok untuk pemula dan penulis yang tidak mengejar rating.

Jekyll

Jekyll merupakan sebuah platform berbasis ruby yang memiliki kelebihan yang tidak bisa dianggap remeh, oh ya bisa gitu ya ? :v. Jekyll sendiri merupakan sebuah platform blog yang dimana tidak membutuhkan database melainkan sebuah file markdown ataupun HTML Untuk membuat sebuah postingan atau artikel lalu digenerate sehingga menghasilkan output halaman statis yang terdapat pada sebuah direktori.

Orang - orang yang cocok untuk menggunakan platform ini adalah seorang programmer ataupun orang yang mengerti sedikit tentang dunia programmer, kelebihan dari jekyll ini adalah kita bisa menempatkannya di layanan git seperti github ataupun gitlab dan memasangkan domain untuk membuat halamannya kekurangannya ya kamu gak boleh berharap untuk dapat hal - hal yang dinamis karena jekyll ini bersifat statis.

Tentang Penulis

Gravatar Profile Image

Ambrizal Suryadinata

Perkenalkan nama saya Ambrizal Suryadinata lahir pada tanggal 19 Agustus 199x di Denpasar, Bali. Jika ditanya "asal kamu dari mana ?" maka saya akan bingung menjawabnya karena bapak dari orang tua saya adalah orang kelahiran Bali dan ibu dari orang tua saya adalah orang kelahiran jawa.

Read more Open Linkedin

Recent Comment



Instagram